Tren Wisata Baru Pascapandemi



Sudah hampir setahun pandemi Covid-19 telah melanda dunia. Akibat pandemi Covid-19 ini, banyak hal yang terkena dampaknya, salah satunya adalah kegiatan pariwisata. Ya, kegiatan pariwisata adalah salah satu sektor yang paling merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Pada awalnya, seluruh dunia menutup akses pariwisata. Namun dalam perkembangannya, saat ini beberapa negara telah memuka kembali sejumlah destinasi wisata untuk dikunjungi.

Nah, sehubungan dengan itu, tentu kegiatan pariwisata di masa sebelum pandemi Covid-19 berbeda dengan kegiatan pariwisata setelah pandemi. Ada beberapa perubahan tren kegiatan wisata, apa saja? Simak artikel berikut.

1. Prosedur Perjalanan yang Lebih Ketat

Tren wisata baru yang pertama adalah prosedur perjalanan yang lebih ketat. Kegiatan pariwisata pasca pandemi menerapkan beberapa protokol kesehatan yang ketat yang wajib untuk diikuti. Salah satu protokol yang harus diikuti adalah, saat perjalanan menggunakan pesawat terbang. Para penumpang wajib menyerakan surat Rapid/Swab Test yang menerangkan bebas Covid-19.


2. Perlengkapan Kebersihan Wajib

Tren wisata baru selanjutnya adalah perlengkapan kebersihan. Sejak adanya pandemi Covid-19, orang-orang jadi lebih memperhatikan kebersihan. Dan kebiasaan baru yang muncul adalah selalu membawa dan mengenakan perlengkapan kebersihan. Dimulai dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, mengenakan hand sanitizer, tisu dan sebagainya. Beberapa perlengkapan tersebut menjadi suatu yang vital bagi setiap orang dan wajib dibawa.


3. Penerapan Social Distancing

Tren wisata baru selanjutnya adalah penerapan social distancing. Pariwisata memang sudah mulai kembali dibuka. Namun saat ini ada pola wisata baru yang bernama touchless, yaitu pariwisata tanpa sentuhan. Pariwisata tanpa sentuhan ini diterapkan lewat social distancing. Hal ini wajib untuk diterapkan, karena walaupun beberapa destinasi mempunyai ptotokol kebersihan yang ketat, namun masih ada resiko untuk tertular. Karena itu selain menggunakan perlengkapan-perlengkapan kebersihan, perlu juga menerapkan social distancing.

Nah itulah beberapa tren wisata baru yang muncul pascapandemi Covid-19. Jika kalian ingin melakukan kegiatan pariwisata dengan mengunjungi destinasi wisata, sebaiknya kalian menerapkan 3 tren wisata tersebut untuk menghindari penularan Covid-19. Semoga bermanfaat :)



0 komentar